5 Spesies Aneh Yang Baru Ditemukan


Infounik365 - Tim Ahli taksonomi internasional yang dipimpin oleh pada ahli di SUNY College of Environmental Science and Forestry (ESF) telah memilih lima besar spesies aneh dari sekitar 18.000 spesies baru yang dinamai di tahun 2016, tepat pada hari kelahiran Carolus Linnaeus pada 23 Mei. Carolus Linnaeus adalah 'Bapak Taksonomi' yang karyanya pada pertengahan abad ke-18 merupakan titik awal penamaan dan klasifikasi tanaman serta hewan modern.

1. Eulophophyllum kirki


Eulophophyllum kirki ditemukan pada peneliti saat mencari tarantula dan ular di Kalimantan. Spesies ini dinamakan oleh nama fotografer yang menemukannya, Peter Kirk. Eulophophyllum kirki memiliki warna mencolok dan bentuknya seperti daun. Dan memiliki ukuran 4 cm. Eulophophyllum kirki jantan berwarna hijau, sedangkan yang betina berwarna merah muda.

2. Potamotrygon rex


Potamotrygon rex memiliki warna kehitaman dan bintik oranye di bagian tubuhnya. Spesimen ini bisa tumbuh hingga mencapai bobot 20 kg. Potamotrygon rex merupakan spesies endemik di Sungai Tocantins, Brazil. Spesies ini termasuk dalam 35 persen dari 350 spesies yang ditemukan di sungai Tocantins dan tidak ditemukan di belahan Bumi lainnya.

3. Tikus Akar (Gracilimus radix) 


Tikus Akar Sulawesi dinamai unik karena diketahui spesies ini memakan akar. Nama radix sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya akar. Spesies ini hanya ditemukan di Pulau Sulawesi, Indonesia dan memiliki bentuk tubuh ramping, bulu coklat dan abu-abu, telinga bulat dan ekor yang tidak berbulu.

4. Illacme tobini


Illacme tobini adalah sepupu terdekat dari hewan legenda di Bumi, Illacme plenipes. Spesies ini punya 414 kali, sedangkan Illacme plenipes punya 750 kaki. Spesies yang memiliki panjang 2 cm ini unik karena tidak punya sepasang mata, mampu mengeluarkan bahan kimia untuk pertahanan, empat kakinya bisa mentrasnfer sperma ke betina, rambut sutera dan masih banyak lainnya yang belum diketahui.

5. Eriovixia gryffindori


Eriovixia gryffindori memiliki panjang 2 mm dan penamaannya diambil dari topi sihir yang ada di buku Harry Potter karya J.K. Rowling. Laba-laba ini aneh karena tubuhnya berbentuk kerucut dan mirip dengan penyihir terkenal Godric Gryffindor. Eriovixia gryffindori mampu menyamar menjadi daun kering untuk menunggu mangsanya.

Share on Google Plus

About sarana4D

Kumpulan Info Unik Dan Aneh Yang Terjadi Di Dunia
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment